0
SURABAYA - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji melantik dan mengambil sumpah 247 perwira baru lulusan Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI Angkatan Laut di Kodiklatal Surabaya, Jumat (24/8/2018). Pelantikan perwira ini merupakan angkatan ke-47.

Upacara pelantikan berlangsung secara militer Prasetya Perwira (Praspa) di Lapangan Laut Maluku, Kesatrian Bumimoro Kodiklatal, Surabaya.

"Mereka harus memperkuat seluruh satuan di TNI AL," kata Kasal Laksamana Siwi Adji .
Para perwira muda itu selanjutnya akan ditempatkan di jajaran TNI AL di seluruh wilayah Indonesia. Mulai di satuan kapal maupun pangkalan-pangkalan. Siwi menyebut agar pengalaman bertambah dan variatif.

"Semua perwira baru ini harus bisa menjawab tantangan era. Tantangan kita adalah sebagai poros maritim dunia," imbuh Siwi.

Dari ratusan perwira muda baru itu, 21 di antaranya adalah anggota Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal). Sebelum menjadi perwira, mereka telah menuntaskan studi dam seleksi.
Mereka telah digembleng di Pusat Latihan dan Pendidikan Dasar Kemiliteran (Puslatdiksarmil) Kodiklatal di Juanda.

Mereka tiga bulan menempuh pendidikan pembentukan (Diktuk) selama tiga bulan. Selesai Diktuk, mereka melanjutkan pendidikan kejuruan selama delapan bulan di pusat pendidikan sesuai dengan korps masing-masing.

Usai resmi dilantik, ratusan perwira baru itu mengekspresikan kegembiraannya dengan melempar topi kebesaran TNI AL bersama-sama.

Acara pengambilan sumpah perwira ini merupakan prosesi sakral yang harus di pertanggung jawaban kan secara moral sesuai agama masing masing seorang perwira harus megang teguh kode etik perwira harus  ber budi bakti dan budi utama.

para perwira yang berasal dari bintara reguler melalui diktukpa sehari sebelumnya telah menjalani upacara penutupan (tupdik) di gedung R muljadi yang di pimpin oleh laksamana komandan dan komando pembina doktrin pendidikan dan latihan TNI agnkatan laut.(dankodiklatal) laksamana muda TNI DARWANTO,S,H,M,A,P dalam acara tersebut.

Dan penyerahan medali medali palawija adhiguna terhadap lulusan terbaik ,dan juga pemberian ijasah kepada seluruh lulusan dan kodiklatal.medali tersebut berati perwira laut yang perkasa dan berguna,medali merupakan penghargaan diperuntukkan oleh seluruh para (diktukpa.)

Laksamana terbaik (diktukpa) angkatan ke 47 di raih oleh ledtu laut (p)BUDHI SETIOYONO,dan menjadi perwakilan perwira penyelamatan tanda pangkat oleh aksal laksamana,TNI SIWI SUKMA ADJI S,E,M,M,letda (p) BUDHI SETIYONO.

juga merupakan lulusan terbaik pada korps pelaut.dan lulusan ter baik lainya adalah dari korps tehnik jualannya laut (T) HARYANTO ,A,MD lulusan terbaik dari elektronik diraih letda (E) YARDIANSAH RANG KUTI ,A,MD lulusan terbaik dari korps disuplai diraih olehnya laut (s) DWI PUJI CAHYONO,S,E,

korps marinir di raih oleh letda, MUKLIS,
korps kusus di raih oleh letda laut(kh) WANDRI WAHYONO TIMOR,
Korps kesehatan diraih oleh letda (k) PAESAL RIJAL,A,MD

Korps polisi meliter di raih oleh (pm)DENIS PORWIANTO,letda laut(p) BUDI SETIYONO,dia lahir di ngawi 7 meret 1978 sebelumnya ber tugas di KRI JHON LIE 358 dan bertugas di kontingen garudaXV111/dan kontigen XV111/H di libanon

Selain itu mereka telah menerima pembekalan dari dan (kodiklatal) laksamana muda,DARWANTO ,S,H,M,A,P peres kasal (kadisdika)  ketua umum senastri NY MANIK SIWI SUKMA ADJI, serta pembekalan dari aksal laksamana,SIWI SUKMA ADJI S,E,M,M.(msn)


Posting Komentar

 
Top