0
SURABAYA - Fenomena gerhana adalah fenomena yang cukup sering jadi sorotan masyarakat. Kita tentu tak ingin ketinggalan untuk menyaksikan bagaimana fenomena alam tersebut berbeda dengan yang lainnya.

Agustus ini, terjadi Gerhana Bulan Sebagian yang kebetulan bisa diamati dari Indonesia. Informasi ini dilansir dari pernyataan BMKG yang menyebut gerhana tersebut akan terjadi pada 7 - 8 Agustus nanti malam.

Durasi gerhana dari fase dimulainya gerhana hingga berakhir, adalah 5 jam 4,9 menit. Fase puncak di mana terdiri dari gerhana sebagian mulai hingga berakhir, berlangsung selama 1 jam 56,6 menit.

Proses gerhana dimulai dari pukul 22:48 WIB, sementara gerhana sebagian dimulai dari pukul 00:22. Gerhana sebagian tersebut berakhir pada pukul 2:18 WIB. Keseluruhan gerhana berakhir pada pukul 3:52.

Gerhana Bulan sendiri adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Gerhana ini bisa diamati dari seluruh bagian Asia, Afrika kecuali sebagian kecil Afrika Barat, Eropa, Serta Samudera Pasifik bagian barat dan tengah.

Gerhana bulan sebagian yang muncul nanti malam ini merupakan anggota ke 61 dari 80 anggota pada seri Saros 119. Gerhana bulan sebelumnya yang berasosiasi dengan gerhana ini adalah gerhana bulan sebagian yang terjadi pada 28 Juli 1999 silam.

Berikutnya, gerhana bulan sebagian seperti ini akan terjadi pada 19 Agustus 2035. (rdi)

Posting Komentar

 
Top