0
SURABAYA-Perkara kasus narkotika jenis sabu seberat 500 gram dengan terdakwa Zainal Alim bin Sulaiman, (21) bersama-sama Sanidin dan supir bernama Nasrawi warga Bangkalan Madura, tertangkap oleh petugas BNN Provinsi Jawa Timur di Internasional Bandara Juanda Sidoarjo Jawa Timur.

Setelah berkasnya dinyatakan P21, dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kejati-Jatim.) untuk menuntut dan menyidangkan di pengadilan memilih berkas perkara tersebut  dispilit atau dipisah yakni satu berkas atas nama Sanidin disidangkan di PN.Surabaya dan sudah dituntut 17 tahun penjara, dengan pasal 114,UU. RI No. 35 Tahun 2009, tanpa didampingi oleh penasehat hukum, jaksa penuntut umum (JPU) Nining dan Setiyati. Selasa,(8/11/2016). Terangnya
.
Sementara terdakwa Zainal Alim disidangkan Pengadilan Negeri Sidoarjo. Dalam pemeriksaan saksi dari BNN Provinsi, para terdakwa ditangkap di Bandara Juanda. Setelah terdakwa lewat X-ray bunyi, petugas melakukan pemeriksaan tas bawaan pada akhirnya kedapatan Narkotika jenis sabu seberat 500 gram.

Tersangka 1 Sanidin 2 Zainal Alim
Namun barang bukti dalam persidangan yang diperlihatkan (JPU) Anoek Ekawatie dari Kejari Sidoarjo hanya 1,7 gram, alasannya sudah dimusnakan,   sampai hakim majelis marah kepada (JPU) dipersidangan yakni saat mempertanyakan wilayah hukum dan barang bukti karena dakwaan tidak sesuai di fakta persidangan. Para terdakwa seharusnya di sidangkan di PN. Sidoarjo, kenapa dipisah, Ada apa dengan Kejati Jatim. Kata Hakim.

Saat dikonfirmasi wartawan kepada jaksa penuntut umum Nining diruang kerjanya mengenai displit berkas perkara dan pengadilan yang mengadili berbeda serta barang bukti yang tidak sesuai jumlah pada saat penangkapan. Bahkan ada isu santer dari para terdakwa, bahwa kejati Jatim  diduga menerima  upeti dari terdakwa, dalam jumlah cukup besar,  yakni berkisar 400, Juta.

Saat dikonfirmasi pada JPU Nining mengatakan bahwa informasi tersebut tidak benar, dan kami disini telah bekerja dan menangani perkara tersebut dengan prosedur tanpa suap, elaknya.(nag/rdi)


Posting Komentar

 
Top