0

LAMPUNG – Aksi unjuk rasa penistaan agama yang melibatkan Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ikut digelar di Provinsi Lampung, Jumat, 25 November 2016.

Setidaknya ratusan orang dari berbagai elemen menggelar unjuk rasa damai di Tugu Adipura Kota Bandar Lampung. Dalam pernyataannya, massa mengklaim bahwa mereka akan mengirimkan 10 ribu orang untuk ikut aksi di Jakarta pada 2 Desember 2016.

Bukhori Abdul Somat, koordinator aksi menyebutkan bahwa aksi mereka bukanlah terkait kesukuan atau tidak. Hal itu murni bentuk protes terhadap penistaan agama yang dilakukan Ahok.

"Karena ulah satu orang, Indonesia berduka, terjadi kerenggangan, bukan karena suku, pribumi, ataukah tidak, renggang karena masalah penistaan agama, " ujar Bukhori.

Karena itu, mereka mendesak agar Ahok segera ditahan kepolisian atas perbuatannya. "Jika sampai tanggal 1 Desember Polri tidak serius, kami akan kirimkan 10 ribu orang ke Jakarta," ujarnya.

Dari pantauan, aksi ini berlangsung tertib dan terkendali. Para pengunjuk rasa menutup aksi ini dengan menyerahkan petisi ke Kepolisian Daerah Lampung atas protes mereka terhadap Ahok.

"Saya terima petisi dan kain putih ini. Kami jadikan sebagai laporan kepada Kapolri," ujar Wakapolda Lampung Kombes Pol Bonifasius Tampoi didampingi Wali Kota Bandar Lampung Herman usai menyambut pengunjuk rasa.(rdi/vvn)

Posting Komentar

 
Top