0
SURABAYA - Abdurahman Sholeh pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) jenis L300 yang ditembak mati polisi kemarin ternyata bagian dari kompolotan. Dia beraksi bersama Salih, Abdul Aziz, dan tersangka berinisial ABD.
"Dari pemeriksaan tersangka ABD, muncul baru nama yakni tersangka berinisial MM," kata AKBP Shinto Silitonga, Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, Senin (26/9/2016).

Keterangan lainnya bahwa komplotan L300 ini berasal dari keluarga. Misalnya seperti Aziz dan MM masih memiliki ikatan keluarga. Sedangkan Salih masih memiliki ikatan keluarga dengan Sholeh dan ABD.

"Dari lima orang ini, tersangka ABD yang terakhir direkrut. ABD baru sekitar sebulan bergabung di komplotan ini," terang Shinto.

Namun untuk aksi pencurian L300, Sholeh selaku otak perekrutan anggota baru. Tidak langsung mengajak ABD untuk beraksi. Dia baru bergabung sejak sebulan lalu. Maka Sholeh hanya mengajak ABD keliling Surabaya untuk mencari sasaran.

Setelah menemukan sasaran, dua orang ini kembali ke Bangkalan. Dari sini Sholeh mengajak Salih, Abdul Aziz untuk menentukan waktu dan cara beraksi. Ketika rencanakan sudah matang baru keempat pelaku ini pergi ke Surabaya untuk mencuri L300.

Sementara tersangka berinisial MM, juga tidak pernah diajak mencuri mobil L300. Pasalnya dirinya hanya bertugas membawa mobil curian ke penadah.

"Kami masih memeriksa tersangka ABD untuk menggali informasi lain," pungkasnya.(rdi/bj)

Posting Komentar

 
Top