0
SUMENEP- Dinas Perhubungan dan Satuan Lalu Lintas Polres Sumenep melakukan pengecekan bus di Terminal Arya Wiraraja, yang akan dioperasikan sebagai armada angkutan lebaran 2016.
"Pengecekan ini kami lakukan untuk mengetahui apakah bus yang dioperasikan laik jalan atau tidak. Ini juga menyangkut keselamatan penumpang," kata Kepala Dinas Perhubungan Sumenep, Moh. Fadillah, Selasa (28/06/16).

Ia mengungkapkan, selain kelengkapan surat-surat, pengecekan tersebut dititikberatkan pada kondisi ban bus. Apabila ditemukan ban pada bus merupakan ban 'vulkanisir', maka bus tidak boleh dioperasikan.

"Ban yang digunakan harus ban original, bukan vulkanisiran. Kalau sampai ditemukan bus menggunakan ban vulkanisir, maka bus itu harus dikandangkan, karena memang membahayakan," ujarnya.

Ia menerangkan, dari pengecekan yang telah dilakukan, bus armada lebaran di Terminal Arya Wiraraja dinyatakan laik jalan. "Surat-suratnya lengkap, termasuk uji KIR nya juga masih berlaku. Ban yang digunakan juga ban original, bukan vulkanisir," ucapnya.

Dinas Perhubungan Sumenep selama masa angkutan lebaran 2016 menyiapkan 308 armada bus. Terdiri dari 8 bus antar kota antar provinsi (AKAP), 76 bus antar kota dalam provinsi (AKDP) pataas, dan 224 bus AKDP Boemel (ekonomi).(rdi/bj)

Posting Komentar

 
Top