0
JAKARTA - Indonesia Police Watch (IPW) mengungkapkan, bahwa April 2016 mendatang Polri akan melakukan mutasi besar-besaran. Namun mutasi ini belum bisa dijadikan gambaran untuk melihat atau menilai siapa yang akan menjadi calon kuat masuk dalam bursa pergantian Kapolri.
Ketua Presidium IPW Neta S Pane mengatakan, yang paling dekat akan dimutasi di Polri adalah jabatan Kabaintelkam dan kemudian menyusul Kabareskrim pada Mei.

"Ada tiga perwira tinggi yang disebut-sebut menjadi calon Kabaintelkam, yakni Irjen Noer Ali (Kapolda Jateng), Irjen Anton Setiadi (Kapolda Jatim), dan Komjen Syafruddin (Kalemdikpol)," kata Neta dalam siaran pers kepada Wartawan Jumat (25/3/2016).

Namun diakui Neta, Polri sepertinya akan memilih Irjen Noer Ali untuk menjadi Kabaintelkam yang baru. Sedangkan calon yang disebut-sebut untuk menduduki posisi Kabareskrim ada tiga.

"Irjen Safaruddin (Kapolda Kaltim), Irjen Moegiharto (Kapolda Metro Jaya) dan Komjen Tito Karnavian (Kepala BNPT). Selain itu Kapolda Sulsel Irjen Poedji Hartanto disebut-sebut akan digeser menjadi Dirjen Perhubungan Darat," ungkap Neta.


Lebih lanjut dia menjelaskan, sedangkan posisi yang ditinggalkan Poedji Hartanto akan diserahkan ke Irjen Anton Charlian (Kadiv Humas).

"Sementara posisi Kadiv Humas akan dijabat Brigjen Boy Rafly. Untuk jabatan Kapolda Jateng yang ditinggalkan Irjen Noer Ali disebut-sebut akan dijabat Irjen Condro Kirono (Kakorlantas)," ucap Neta.

"Mutasi awal April ini belum bisa dikaitkan dengan bakal calon Kapolri penggantian Jenderal Badrodin Haiti. Namun pada mutasi penggantian Kabareskrim pada Mei atau Juni mendatang baru bisa dipetakan seperti apa bursa calon Kapolri," tandas Neta.(rdi)

Posting Komentar

 
Top