0
SIDOARJO – Kodim 0816/Sidoarjo mengadakan Kampanye tentang Pendaftaran Calon Taruna Akademi Militer di SMAN 1 Sidoarjo yang dilaksanakan pada tanggal 01 Januari 2016 pukul 13.00 WIB. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0816/Sidoarjo (Letkol Inf Andre Julian S.I.P).  Kegiatan ini disambut dengan baik oleh Wakil Kepala Sekolah Bpk. Taufik dan seluruh  Siswa dan Siswi SMAN 1 Sidoarjo yang sangat berminat untuk menyimak pengarahan dari Dandim 0816/Sidoarjo tentang Kampanye dan Rekruitmen Pendaftaran Calon Taruna Akademi Militer. Sebelum acara dimulai, terlebih dahulu Dandim 0816/Sidoarjo memperkenalkan diri dan dilanjutkan memberikan pengenalan tentang profil Pendidikan Akademi Militer kepada siswa dan siswi SMAN 1 Sidoarjo. Beliau menyampaikan alasan dilaksanakan Kampanye ini karena beliau yakin SMAN 1 Sidoarjo merupakan SMA Unggulan yang ada di Kab. Sidoarjo. Selanjutnya Dandim 0816/Sidoarjo menjelaskan tentang persyaratan dan materi test untuk seleksi calon Taruna Akmil.

Dandim 0816/Sidoarjo  memberikan penjelasan untuk persyaratan umum yang perlu di lengkapi antara lain Warga Negara Republik Indonesia, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD tahun 1945. berumur sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan dan tidak lebih dari 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan tanggal 1 Agustus 2015, sehat jasmani dan rohani. Selain itu, kelengkapan administrasi, tes pengukuran tinggi badan dan penimbangan berat badan, tes kesehatan, tes kesegaran jasmani (lari, push up, sit up, suttle run, renang dan postur tubuh), tes psikologi serta tes Akademik. Seleksi Calon Taruna Akademi Militer ini tidak di pungut biaya.         Adapun cara pendaftaran Catar Akmil sebagai berikut calon datang sendiri ketempat pendaftaran dengan menunjukkan dokumen asli dan menyerahkan foto copy dilegalisir Kartu Kewarganegaraan (bagi keturunan WNA), Akte kelahiran/surat kenal lahir, KTP calon dan KTP orang tua/ wali, Kartu Keluarga (KK), STTB SD, SMP/Tsanawiyah, SMA/MA berikut NUAN. Khususnya bagi calon kelas III SMA/MA melampirkan raport kelas I s.d. III semester I, melampirkan surat keterangan dari Kepala Sekolah bahwa calon tersebut terdaftar sebagai peserta UN.       
            
Bagi Siswa dan Siswi SMAN 1 Sidoarjo yang bersedia mengikuti tes seleksi Catar Akmil dapat mendaftarkan ke Ajendam V/Brawijaya, Ajenrem 084/BJ, Kodim 0816/Sidoarjo dan dapat mencari informasi pendaftaran Catar Akmil melalui Online di http://rekrutmen-tni.mil.id. Beliau juga menjelaskan pendidikan selama 4 tahun di Akademi Militer Magelang dan di biayai oleh negara. Setelah selesai pendidikan akan di lantik menjadi perwira TNI AD dengan pangkat Letnan Dua dan di beri gelar S.T. Han. Penjelasan yang diberikan oleh Dandim 0816/Sidoarjo  sangat di pahami oleh para Siswa dan Siswi SMAN 1 Sidoarjo dan sangat antusias untuk mengikuti seleksi tersebut. Selanjutnya diadakan tanya jawab antara Dandim 0816 dengan Siswa/Siswi SMAN 1 Sidoarjo. Acara tersebut berjalan dengan tertib dan lancar. ( Tris/pen084).(pr)


Posting Komentar

 
Top