0
SURABAYA - Gubernur Jatim Soekarwo menggunakan hak pilihnya dalam pilkada serentak, yakni memilih Walikota dan Wakil Walikota Surabaya di TPS 19 Kertajaya Indah Surabaya, Rabu (9/12/2015).
Pakde Karwo datang bersama istrinya Bude Karwo dan didampingi anak serta menantunya. Yakni, Ferdian Satria Nugraha beserta istri dan Kartika Ayu Prawitasari.

Pakde Karwo bersama keluarga tiba di TPS sekitar pukul 07.15 di Kelurahan Manyar Sabrangan, Kecamatan Mulyorejo, Kota Surabaya.

Terkait pelaksanaan pilkada serentak di Jatim, Pakde Karwo berharap, partisipasi masyarakat tinggi.

"Meskipun terdapat sebagian masyarakat yang letaknya jauh berada di pulau terpencil dan pinggiran. Mereka banyak yang belum mengetahui secara persis bahwa pada hari ini dilaksanakan pilkada serentak. Pilkada kali ini, mungkin dari segi efisiensi iya, namun efektifitas dirasa kurang," katanya.

Menurut dia, calon tidak boleh melakukan aktivitas sepenuhnya sehingga penyebarluasan informasi ini belum maksimal. "Tapi saya yakin partisipasi masyarakat tinggi," ungkapnya.

Pakde berharap, agar partisipasi masyarakat tinggi dengan prosentase di atas 60 persen. Pilkada seperti ini merupakan siklus 5 tahunan yang harus dilalui dengan baik tanpa menimbulkan konflik. "Jika diibaratkan calon kepala daerah kalah pada pemilihan tahun ini, mereka akan diberi kesempatan pada pemilihan mendatang asalkan memiliki kesehatan secara jasmani maupun rohani. Jadi tidak perlu ricuh dan timbul konflik," tegasnya.

Disinggung terkait keamanan di Jatim, Pakde memastikan bahwa pilkada serentak di Jatim akan berjalan secara aman, nyaman dan lancar. Pangdam V/Brawijaya dan Kapolda Jatim telah memastikan bahwa situasi pilkada serentak di Jatim aman terkendali. "Terdapat daerah yang rentan terjadi gesekan yakni Mojokerto. Namun kami terus berkoordinasi dengan aparat keamanan terkait sehingga fungsi keamanan di Jatim tetap terkendali," tukasnya.

Sementara itu, Di TPS 19 Kertajaya ini sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) terdapat 696 orang dengan rincian laki-laki 331 dan perempuan sebanyak 365 orang.

Pakde sebagai Ketua DPD Partai Demokrat (PD) Jatim kompak bersama Bude Karwo menggunakan hak pilihnya dengan memilih pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Surabaya periode 2015-2020 yakni pasangan nomor urut 1 Rasiyo-Lucy Kurniasari yang diusung Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional. (tok/but)

Posting Komentar

 
Top