0
PAMEKASAN - Konsistensi TNI terutama Kodim 0826/Pamekasan dalam mendukung program swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah tidak diragukan lagi. Hal ini dibuktikan dengan kegiatan penanaman padi serentak untuk musim tanam periode Oktober-Maret yang dimotori oleh Kodim 0826 bekerja dengan Dinas Pertanian Kabupaten Pamekasan.

Dandim 0826 Letkol Arm Mawardi, S.A.P hari Senin (07.12.2015) turun langsung berbasah-basah ikut menanam padi dalam kegiatan tanam padi serentak bersama Kadistan Pamekasan Ir. Isye Windarti serta Anggota Koramil dan Polsek Pakong serta Kelompok Tani. 

Dalam keterangan persnya Dandim mengatakan bahwa program tanam padi ini serentak seluruh Indonesia, terselenggara atas kerjasama TNI dengan Dinas Pertanian. "Kita TNI ingin mengubah pola pikir petani Pamekasan, dengan tanam serentak diharapkan panen juga bisa serentak. Metode tanam juga kita arahkan jajar legowo sehingga hasil produksi bisa meningkat, sehingga swasembada pangan bisa tercapai dan petani semakin sejahtera" terang Dandim. 

Sementara itu menurut Kadistan saat dikonfirmasi terkait luas tanam untuk periode Oktober-Maret menjelaskan bahwa target luas tanam periode Oktober-Maret sesuai yang ditetapkan oleh Distan Propinsi sama dengan tahun 2014 yaitu sekitar 26 ribu hektar. "Sama dengan tahun lalu, sekitar 26 ribu hektar" ungkap singkat Kadistan.

Namun untuk tahun 2015 ada pergeseran waktu tanam, karena musim hujan bergeser mundur. "Tahun lalu dimulai bulan Nopember, tahun baru mulai tanam Desember".

Pencanangan tanam padi serentak dilakukan di Desa Klompang Timur Dusun Panyaleh Poktan Sumber Tani, Desa Bajang Dusun Brukoh Poktan Sumber Hidup dan Poktan Sumber Hidup dengan luas tanam dua hektar.(pur)

Posting Komentar

 
Top