0
PEMBURU - Tak pernah ada yang menyangka, sejak kecil, saya sering bermain dengan teman teman layaknya masak masakan. Permainan masak masakan waktu kecil dulu menggunakan bawang bawangan. Bawang bawangan yang dulu saya gunakan untuk bermain, ternyata setelah zaman semakin berkembang, mempunyai khasiat dahsyat sebagai obat herbal atau alamiah.
Memang bawang bawangan punya postur tubuh mirip dengan bawang aslinya. Bentuknya tidak jauh beda dengan bawang asli. Warnanya merah dengan mengandung beberapa serat melingkar. Tidak banyak orang tua waktu dulu mengetahui khasiatnya. Hanya saja, mereka menganggap sebagai tanaman liar sebagai hama yang merusak lingkungan. Wajar saja jika dipergunakan anak anak masa lalu sebagai alat untuk bermain masak masakan.

Seolah bawang bawangan itu kini mengalami evolusi yang meyakinkan. Dari sebagai tanaman yang tak berkhasiat dan bahkan dianggap sebagai tanaman liar, kini bak superhero yang banyak dicari orang karena khasiatnya. Kalau di desa saya terkenal dengan bawang Sabrang, barangkali di daerah lain dikenal juga dengan bawang borneo, bawang tiwai, bawang makkah, bawang dayak, dll.

Namun, nama yang paling popular dan digunakan untuk berbagai produk herbal, dikenal dengan nama bawang dayak. Sehingga dari pencarian yang paling popular di internet, yaitu dengan sebutan bawang dayak.

Bawang dayak bisa digunakan untuk pengobatan dalam bentuk basah, yang kemudian di masak dan airnya diminum untuk mengobati segala macam penyakit. Selain itu, kadang juga dalam kondisi kering dan serbuk juga masih bisa digunakan untuk mengobati penyakit. Intinya jika anda ingin mencoba mengobati penyakit dengan bawang dayak, bisa dengan cara basah, kering, dan juga serbuk.

Dalam sebuah pengalaman, kadang ada orang yang mengkonsumsi bawang dayak mengalami reaksi yang berbeda beda. Ada yang kadang mengalami sesak, lemas, pusing, dan lain lain. Hal ini tergantung penyakit yang di derita pelakunya. Makanya, apabila anda mengalami hal hal yang berbeda seperti sebelum mengkonsumsi bawang dayak, sangatlah wajar. Tapi anda jangan terlalu membiarkan begitu saja, perlu waspada, kadang juga perlu berhenti mengkonsumsi bila terkena efek yang tidak baik.

Namun bagi wanita hamil sangat tidak dianjurkan. Wanita hamil perlu pengawasan dari dokter. Sebaiknya jika anda hamil, jangan mengkonsumsi terlebih dahulu. Lebih baik tunggu masa hamil anda selesai.(pur)




Posting Komentar

 
Top